Cara Membersihkan Karburator Mobil dan Sepeda Motor

Mobil Mogok - Karburator merupakan komponen pengabut bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar, kinerjanya sangat berpengaruh terhadap tenaga dan akselerasi mesin kendaraan anda, fungsinya yang sebagai pengabut/pencampur udara dan bahan bakar ini mudah kotor karena air yang terbawa bersama bahan bakar dan udara yang tersedot oleh mesin. udara di jalanan tidak bersih dan pastinya banyak sisa pembakaran kendaraan, belum lagi jika sering isi bahan bakar sembarangan yang bisa membuat tangki bahan bakar kotor dan ada air, contoh mengisi bensin saat hujan tidak ditempat yang teduh, waduh meski sedikit air hujan bisa masuk ke dalam tangki tapi jika sering numpuk juga tuh air dan bisa tersedor ke karburator.


Cara Membersihkan Karburator Mobil dan Sepeda Motor


Membersihkan karburator bukan hanya sekedar membuang air atau kotoran yang terdapat di bak penampungan bahan bakar yang ada di karburator. memang bisa dilakukan untuk darurat dan efektif untuk membuang air jika ada air dan kotoran, tapi tidak bersih total dan pastinya masih ada yang menempel. untuk membersihkanya perlu dibongkar dan dan dibersihkan menyeluruh. jika anda tidak tahu cara membersihkan karburator, tenang saya bisa bantu anda. yang penting anda bisa dan tahu cara buka baut. kalo gak tahu, mending bawa kebengkel aja kendaraanya. kalo tahu, berikut ada tips ringan cara membersihkan karburator yang mungkin bisa anda praktekan di garasi anda.

Tips ini untuk membersihkan karburator mobil dan sepeda motor. Karena pada prinsipnya karburator pada Mobil dan Sepeda motor itu sama, hanya saja pada Mobil jauh lebih banyak komponen yang ada pada karburatornya. beda dengan sepeda motor yang simpel dan tidak banyak komponen pendukungnya. langsung aja kita ke pembahasannya.


Komponen Karburator Mobil dan Sepeda Motor


Sebelum Membuka, ini penampakan komponen karburator Mobil dan Sepeda Motor

Komponen Karburator Sepeda Motor


Cara Membersihkan Karburator Mobil dan Sepeda Motor


Komponen Karburator Mobil

Pada dasarnya komponen pada karburator mobil yang konvensional sama seperti pada karburator sepeda motor namun kenapa pada karburator mobil terlihat lebih banyak komponen yang menempel, memang pada beberapa jenis mobil, pada karburatornya terpasang juga idle up atau vacum untuk menaikan rpm mesin saat AC dihidupkan, Setir berbelok pada yang Power Steering dan lainnya. berikut komponen karburator mobil tampak dari luar pada salah satu jenis karburator mobil. untuk dalamnya sama seperti pada sepeda motor. terdapat spuyer dan pelampung.


Cara Membersihkan Karburator Mobil dan Sepeda Motor

Nah sekarang bagaimana langkah dalam membersihkan karburator, baik pada karburator mobil maupun pada karburator sepeda motor.


Cara Mudah Membersihkan Karburator Mobil Dan Motor


Cara Membersihkan Karburator Mobil dan Sepeda Motor

  • Langkah pertama persiapkan kunci-kunci seperti Obeng min dan plus, kunci 10 dan 12 pas, dan tang.
  • Kemudian lepas kabel negatif dari aki anda. langkah ini untuk mobil, kenapa, karena takut terjadi korlet mengingat kadang letak karburator berdekatan dengan aki atau dinamo.

Cara Membersihkan Karburator Mobil dan Sepeda Motor

  • Buka filter udara, kemudian bersihkan dengan menyemprotnya dengan angin kompresor jika jenis filter kering dan bersihkan dengan bensin untuk filter jenis Foam yang dibasahi oli dan ganti jika filter jenis kertas basah yang banyak digunakan kendaraan baik mobil dan sepeda motor jaman sekarang.
  • buka selang-selang yang terhubung dengan karburator. perhatikan saat melepasnya supaya anda tidak lupa saat memasangnya kembali.
  • Buka Jarum skep atau penutup skep atau kabel gas jika pada karburator sepeda motor. dan lepas kabel gas untuk mobil.
  • Buka baud  dudukan karburator, dan cabut karburator. jika mengalami baut macet, pelajari Cara Membuka Baut Macet.
  • buka bagian-bagian dari karburator, perhatikan saat melepasnya supaya anda tidak lupa memasangnya. jika anda takut lupa, cukup lepas saja pelampung, main jet dan pilot jet serta baut setelan angin.
  • cuci komponen-komponen karburator dengan bensin, jika ada kerak-kerak yang bandel tak mau hilang, saya sarankan anda menyemprotnya menggunakan carburator spray. kemudian semprot lobang-lobang pada karburator dengan angin kompresor. Pelajari Cara Menggunakan Carburator Spray / Cleaner

Cara Membersihkan Karburator Mobil dan Sepeda Motor

  • pasang kembali komponen-komponen tadi, kemudian pasangkan kembali karburator, pasang kembali selang-selang yang anda lepas tadi.
  • Start panjang mesin sampai hidup. jika sukar hidup, start sambil membekap karburator.

Cara Membersihkan Karburator Mobil dan Sepeda Motor

  • lakukan penyetelan angin Karburator. caranya, putar setelan idle/langsam searah jarum jam sampai putaran mesin agak naik. kemudian putar setelan angin searah jarum jam sampai rpm turun, kemudian balikan arah putaran dan berhenti saat rpm paling tinggi dan putaran mesin stabil. setelah dapet setelan angin yang pas, terakhir setel putaran langsam menurut keinginan anda. pelajari juga penyetelan angin Karburator Sepeda Motor. atau lihat saja videonya. 



  • kemudian pasang saringan udara. dan selesailah anda membersihkan karburator kendaraan anda.

Dalam melakukan pembongkaran dan pembersihan karburator bagi pemula, memang harus dilakukan ketelitian dan harus ingat betul sebelum anda buka komponen satu persatu agar anda tidak lupa dalam memasangnya kembali. bila perlu, memang saran saya, anda potret setiap anda akan lakukan pelepasan komponen agar mudah nantinya ketika anda lupa. akhir kata semoga Cara Membersihkan Karburator Mobil dan Sepeda Motor  bermanfaat dan mohon maaf bila banyak kekurangan.