Cara Membuka Baut, Mur, Sekrup Macet

MOBIL MOGOK - Cara Membuka Baut, Mur, Sekrup Macet - Ada kalanya kita dipusingkan ketika membuka mur/baud yang macet. Dari pada kena eh baudnya malah gundul. Mohon maaf sebelumnya mungkin untuk yang sudah biasa bergelut di bidang ini ( mekanik ) ini bukan lah hal yang membingungkan. Tapi lain hal untuk orang-orang yang tidak terbiasa (awam). penggunaaan kunci yang tepat dan teknik untuk membuka baut yang macet, gundul atau dol serta slek sangat diperlukan agar pekerjaan anda tidak makin runyam akibat baut yang macet.

Disini saya akan berbagi hal-hal yang biasa saya lakukan dalam keseharian saya bekerja di sebuah bengkel. terutama hal tentang bagaimana cara membuka baut yang macet baik akibat keras, baut gundul, baut karatan atau yang slek gak mau keluar. nah untuk selengkapnya Cara Membuka Baut, Mur, Sekrup Macet adalah berikut ini.

Cara Membuka Baut, Mur, Sekrup Macet dan Dol / Slek


Cara Membuka Baut, Mur, Sekrup Macet

  • Membuka Mur Macet.
Sebelum kita membuka mur, kita lihat dulu kondisi drat bautnya dulu. Jika dratnya mulus bersih kita bisa langsung membukanya. Apabila drat kotor oleh debu/tanah yang mengeras, sebaiknya bersihkan dulu dengan sikat kawat, kemudian anda basahi drat bisa dengan air, oli atau minyak rem. Cairan-cairan ini akan memudahkan kita ketika memutar mur saat di buka/lepas. Yang sering saya pake adalah minyak rem.

Gunakanlah mata kunci sok segi enam ( bukan yang keriting/gerigi ) hal ini untuk menghindari mur gundul. Ketika pertama mengendurkan kunci jangan langsung di tekan/tarik tapi saran saya kendurkan mur dengan tekanan pukulan telapak tangan pada kunci ( seperti memukul dengan palu )

  •  Membukabaud macet.
Langkahnya sama seperti mur tadi. Tapi bila perlu pukul-pukul dahulu kepala baut jika baut memang benar-benar susah dibuka. Ketika baut mulai bisa diputar tapi ada masalah baru yaitu seret, beri cairan minyak rem ke celah drat biasanya cara ini akan membantu melancarkan.

  • Membukasekrup macet.
Tidak banyak cara yang dilakukan untuk membuka sekrup yang macet/keras. Sebelum membukanya, anda ambil obeng, tempelkan ke sekrup lalu pukul dulu sebelum mengendurkan.


Update :

Cara Membuka Baut atau Mur Dol / Slek Tidak Keluar


Ada satu kendala lagi yang biasa kita temukan seputar baut dan mur. baut yang slek atau dol yang mengakibatkan baut gak mau kencang dan juga gak mau keluar alias jalan ditempat. cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengendurkan baut sambil anda congkel baut atau mur tersebut. ini akan memaksa baut atau mur memakan drat yang masih ada.

Demikian cara-cara yang biasa saya lakukan di keseharian saya, semoga membantu anda yang sedang keringatan membuka baut macet he.he……..