Cara Spooring Mobil Sederhana

MOBIL MOGOK - Spooring atau istilahnya Wheel alignment yang dalam lidah orang Indonesia " Spuring " adalah proses untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda atau ban pada mobil untuk mengembalikan sudut geometri roda yang bertujuan untuk menyelaraskan gerak dan posisi dari roda kiri dan kanan agar seimbang. Kejadian yang nyata yang terlihat pada roda mobil anda ketika dibutuhkan spooring adalah ban yang habisnya tidak rata atau habis sebelah. tapak ban yang habis sebelah baik itu bagian luar atau bagian dalamnya adalah satu tanda bahwa roda mobil anda tidak selaras. gejala lainnya juga adalah kemudi bergetar di kecepatan tertentu, suka terasa bawa sebelah. berat ke kiri atau ke kanan ketika dibawa jalan. dan juga terasa limbung. nah ketika tanda-tanda tersebut terasa dan nampak pada mobil anda lakukan spooring.

Untuk spooring memang diperlukan alat khusus agar hasilnya akurat. alat tersebut ada di bengkel-bengkel spooring dan balancing dengan sistem komputer, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. kita bisa melakukan spuring dengan media benang dan meteran asal dilakukan dengan benar maka hasilnya tidak jauh beda dengan hasil dari bengkel spooring dan balancing yang menggunakan alat canggih. namun cara ini bisa dilakukan jika memang jauh dari bengkel spooring atau memang jika anda memang menginginkanya.

Cara spooring pakai benang atau meteran biasa dilakukan di bengkel-bengkel biasa yang tidak mempunyai alat khusus spooring atau juga memang jauh dari fasilitas tersebut. namun cara ini terbukti bagus, tidak jauh dengan yang menggunakan alat spooring khusus. saya juga sering menggunakan cara ini. dan pada umumnya, media benang digunakan pada mobil-mobil kecil dan penggunaaan meteran pada mobil besar yaitu jenis truk.

Dan berikut buat anda yang penasaran dengan cara spooring atau spuring dengan menggunakan benang atau meteran, berikut ini adalah cara spooring kendaraan roda 4 (mobil) yang sederhana dan biasa di lakukan di bengkel-bengkel. cara ini sederhana dan terbukti manjur.

Cara Spooring Memakai Benang dan Meteran


Langsung ke pembahasan :

Ada 2 cara yang biasa dilakukan, tinggal pilih yang menurut anda paling mudah. namun perhatikan, sebelum melakukan spooring, pastikan dahulu Ball Joint dan Tie Rod harus dalam keadaan baik alias tidak oblak. jika oblak maka ukuran tidak akan pas. untuk memperbaiki Ball Joint dan Tie Rod Oblak, baca Disini.

1. Cara Spooring Memakai Benang.


Ambil benang kasur, ikatkan pada per roda belakang (per atau apa saja di bagian belakang dalam roda belakang) tarik ke depan lingkarkan memutar sampai pada bagian roda belakang satunya lagi dan ikatkan seperti tadi. lihat sisi-sisi roda depan (sisi belakang) apakah menyentuh atau mendorong benang. atur panjang setelan tie rod untuk mendapatkan panjang yang pas. sehingga sisi ban depan ( sisi bagian belakang) menempel pas ( tidak renggang dan tidak mendorong ). lebih lengkapnya disini ( Spooring Pakai Benang ).

2. Cara Spooring Memakai Meteran

Ukur roda depan ( sisi depan dan sisi belakang ) dengan meteran dapatkan angka yang sama di kedua sisi. untuk mengatur panjang pendeknya, dari setelan tie rod. namun perhatikan kondisi Ball joint & Tie rod harus baik. jika ditemukan goyang segera Perbaki terlebih dahulu.

Cek hasil spooring anda dengan menjalankan mobil (test drive) di jalanan. Apabila stir masih belum stabil, bisa oleng kekanan dan kekiri atau ban berbunyi misal berdecit karena gesekan dengan aspal atau tidak, apabila hal ini masih terjadi maka berarti proses pengamatan anda pada saat spooring belum optimal. satu lagi, jika ban masih habis sebelah maka masih belum sempurna.

Spooring dan Balancing adalah hal yang perlu anda lakukan agar kemudi kendaraan bekerja normal dan selaras. dan sekian tentang Cara Spooring Mobil Sederhana semoga bermanfaat serta terimakasih atas kunjungan anda.