Cara Memasang Relay Lampu

MOBIL MOGOK - Sesungguhnya lampu standar dari pabrikan tiap-tiap mobil telah cukup terang walau demikian bersamaan dengan pertambahan umur mobil maka timbul beragam factor pemicu menyusutnya pencahayaan lampu depan mobil, contohnya kaca batok lampu jadi buram akibat pemanasan hingga terlihat hitam di bagian dalam batok lampu.

pemanasan ini bisa disebabkan oleh ada menambahkan beban arus dari aki ke lampu, layaknya pemasangan lampu tambahan hingga menyebabkan berlangsungnya pemanasan berlebih di dalam batok lampu, bila ini dilewatkan terlampau lama maka lampu depan dapat jadi buram.


Cara Memasang Relay Lampu


sesungguhnya ada service layanan yang tawarkan untuk menservice lampu depan mobil dengan janji dapat kinclong kembali dengan target harga rp 250. 000, - dapat ditawar, pandai-pandailah saat menawar harga terutama di bandung ada dialamat jalur banceuy ( jalur utamanya yakni jl asia afrika ).

tak hanya lakukan service untuk bersihkan kaca mobil dengan pertolongan layanan tukang service, pekerjaan ini juga dapat dikerjakan sendiri walau demikian membutuhkan tingkat kehati-hatian untuk mengerjakannya sendiri karena kadang waktu memisahkan kaca lampu tersebut cukup rumit.

kembali ke judul artikel ini langkah menempatkan relay pada lampu depan mobil. kenapa butuh menempatkan relay ?

relay yaitu komponen elektronika berbentuk saklar elektronik yang digerakkan oleh arus listrik. di antara manfaat relay yakni sangat mungkin penggunaan arus kecil untuk mengontrol arus yang semakin besar manfaat kurangi beban aki ( accu ) pada kendaraan.

bila pingin ganti bola lampu mobil dengan yang lebih terang, contohnya standarnya 55 watt dapat diganti dengan 90 watt agar tampak lebih terang, baiknya memakai relay karena bila tidak memakai relay bisa menyebabkan bolam ( bola lampu ) jadi putus, serta soket lampu jadi hangus dikarenakan panas yang bisa berujung pada kebakaran pada mesin. oleh karena itu, tampak sepele tetapi bisa menyebabkan perihal yang jelek contohnya kebakaran.

relay mobil bisa di beli pada toko peralatan mobil, beli saja yang telah lengkap kelak tinggal pasang. langkah pemasangannya cukup gampang dikarenakan umumnya saat beli relay telah dilengkapi dengan panduan pemasangan. atau bila ingin merakit sendiri berikut diagramnya.

Skema Diagram Pemasangan Relay Lampu


Cara Memasang Relay Lampu


Di Relay pada bagian kaki nya terdapat nomor dan berikut penjelasan untuk nomor2 tersebut.

  • 30 ke (+) Accu – terlebih dahulu melalui fuse / sikring. 
  • 86 ke Ground / body ( masa body ) 
  • 85 ke saklar ( kabel dari saklar lampu ) 
  • 87 ke (+) lampu ( bohlam )

lampu jauh dan dekat memakai Relay masing2, makanya di gambar ada dua relay.


sekian tentang Cara Memasang Relay Lampu Semoga bermanfaat.........