Gejala Koil / Coil (Ignition Coil) Mati / Lemah dan Cara Mengakalinya

MOBIL MOGOK - Pertama tama saya yakin agan-agan pasti sudah tak asing lagi lah dengan nama komponen yang satu ini, KOIL/COIL (Ignition Coil) adalah salah satu komponen pengapian mesin. dimana kita semua tahu cara kerja nya yaitu digunakan untuk menghasilkan tegangan tinggi (sampai 20 kv) dari distributor yang disalurkan ke busi utuk proses pembakaran. iya, pasti pada tahu lah guna dari koil, tapi apakah agan tahu gejala-gejala kil mati dan cara mengakalinya sebelum melakukan penggantian? saya mau berbagi pengalaman saya tentang gejala-gejala si koil ini yang sering saya temukan saat saya bekerja.

langsung saja lah ke pokoknya :

Gejala Koil / Coil (Ignition Coil) Mati / Lemah dan Cara Mengakalinya




1. Gejala yang mengindikasi KOIL mati/lemah

  • saat mesin dingin normal, tapi saat udah panas, mesin brebet kemudian mati. bila di pegang baru beberapa saat mesin hidup koil udah panas. biasanya normal kembali saat sudah dalam kondisi dingin.
  • umur busi pendek/busi sering mati.
  • jikal di cek loncatan arus dari kabel busi, jaraknya memendek.

2. Cara mengakali koil mati/lemah jika dalam keadaan darurat 

  • agan bisa cari handuk/lap/kain basah kemudian bungkus itu koil. maksudnya supaya gak terlalu cepet panas. cara ini sering berhasil. bila jarak jauh, jangan lupa bawa jerigen air buat guyur itu koil yang udah di kasih jaket tebal, hehehehe
  • rapatkan celah busi karena arus melemah.
  • jika ada komponen lain sebelum koil ( apalah namanya itu saya kurang tahu) sebaiknya pastikan kabel positif dari distributor tersambung langsung ke kutub positif koil.

sekedar ingin berbagi tentang Gejala Koil / Coil (Ignition Coil) Mati / Lemah dan Cara Mengakalinya mohon maaf bila ada salah kata dan banyak kekurangan.