Cara Mengganti Cross Joint As Kopel / Krishapel

Mobil Mogok - Ciri komponen Cross Joint As kopel / Krishapel rusak yaitu terdengar bunyi saat berlangsung sentakan saat kendaraan bergerak dari kondisi diam. ataupun saat anda menginjak gas setelah langkah menurunkan gas. bunyi terdengar di kolong kendaraan anda. bunyi berasal dari bawah dan berada di belakang tengah. ini menandakan krishapel atau cross joint rusak atau aus.

Cara melakukan penggantianya agak sulit bagi yang tidak tahu atau belum terbiasa, namun jika tahu caranya ini bisa diganti dengan mudah. anda bisa ke bengkel untuk mengganti komponen ini dan tentunya gak beresiko. nah jika anda tetap mau mencoba sendiri, bisa anda lakukan kok, namun awas catatan, jangan sampai bagian pipa kopelnya kepukul. Nanti kopel bisa penyok dan tidak menutup kemungkinan bisa tidak center. langsung saja berikut ini Cara Mengganti Cross Joint As Kopel / Krishapel.

Cara Mengganti Cross Joint As Kopel / Krishapel


berikut adalah langkah-langkah caranya.


pada mulanya, dongkrak mobil. yakinkan kendaraan aman atau tidak bergerak. lantas buka keempat mur yoke sisi belakang. lanjutkan mengendurkan baut flens kopel dari as differensial gardan. 
copot ke-2 sisi propeler itu dengan langkah menarik gunakan tangan. hingga pada as kopel serta flens bisa terpisah. 


agar gampang, bawa kopel ke tempat leluasa. buka kedelapan klip/ring pada sambungan flens serta yoke. pakai tang snap ring  dan obeng min. congkel dan tarik keluar.


sebelum croos joint/krishapel dilepaskan, tandai yoke serta as kopel gunakan spidol atau bolpoin. maksudnya agar pada saat memasang, pas di posisi semula ( balance ). lantas, kendurkan nipel pada batangnya. 


ketoklah flens dengan palu untuk melepas bearing pengikatnya. lanjutkan pada semua sisi dengan langkah yang sama sampai keempat bantalan lepas. pakai alat bantu pemegang jepit supaya tidak berubah saat dipukul. 

apabila bantalan telah lepas, copot cross joint. langkahnya, tarik perlahan-lahan menggunakan tangan. kerjakan langkah yang sama pada segi kebalikannya. 

bila ke-2 spider ( sebutan lain cross joint ) telah lepas, bersihkan yoke, flens serta gerigi sambungan. agar lebih sip, pakai sikat kawat plus bensin/minyak tanah untuk membasmi dari kotoran serta gemuk. janganlah lupa dikeringkan gunakan lap atau disemprot angin. 


agar gampang pasangnya, beri sedikit gemuk di bagian gerigi sambungan. berikan juga di dalam bantalan barunya. 


pasang x-joint baru ke as kopel dilanjutkan ke yokenya. trus, masukkan juga bantalannya. ketok gunakan palu atau ujung gagang kunci t sampai rata. janganlah lupa mengunci lagi gunakan snap ring. lalu, pasang nipel pada cross joint serta yoke ke posisi awal mulanya. 

pasang nipel ke posisi awal serta beri gemuk pada keempat ujungnya. pakai alat pompa gemuk untuk memasukkannya, pasang kembali rangkaian kopel yang telah dirangkai tadi. langkahnya sama layaknya step pertama,

sekian Cara Mengganti Cross Joint As Kopel / Krishapel semoga bermanfaat............