Gejala Busi Mati dan Cara Memperbaiki Busi Mati

Mobil Mogok - Gejala Busi Mati dan Cara Memperbaiki Busi Mati - Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana gejala2 yang timbul yang mengindikasikan busi kendaraan anda mati. mungkin ini lebih tepatnya pada mesin mobil karena jika pada sepeda motor, busi mati maka akan langsung ketahuan. secara langsung mogok dah. busi mati pada mobil bisa membuat mesin mobil pincang dan mesin bergetar. tentunya busi mati pada mobil akan membuat tenaga ngedrop.


Busi mati banyak yang bisa menjadi penyebabnya, busi sudah lama dan memang sudah minta diganti adalah sebab pertama. namun jika busi boros dan cepat mati, ini bisa diakibatkan oleh banyak hal. hal yang bisa menyebabkanya adalah oli terbakar, campuran bahan bakar terlalu kaya (busi hitam) karburator banjir atau koil lemah. balik lagi ke busi mati, bagaimana gejala yang timbul dan cara memperbaikinya, berikut ini selengkapnya.


Gejala Busi Mati dan Cara Memperbaiki Busi Mati


Gejala Busi Mati dan Cara Memperbaiki Busi Mati

Gejala Dan Cara Memeriksa Busi Mati


ya, topiknya busi mati. biasanya gejala yang akan timbul pada mesin kendaraan anda yaitu :
  1. mesin pincang
  2. brebet
  3. terjadi letupan
  4. rpm drop di putaran tinggi
langkah pemeriksaan :
  • mesin pincang
ketika mesin hidup, cabut satu persatu kabel busi jika ketika di cabut tidak merubah kondisi putaran mesin, itu berarti mengindikasi busi tersebut mati.

tambahan : jika sudah ganti busi dan masih juga tetap pincang, coba tukar kabel busi, dan apabila setelah kabel busi ditukar masih pincang tapi posisi yang terjadi masalah pembakaran berpindah maka itu dipastikan kabel busi rusak. tapi apabila yang terjadi masalah pembakaran tidak berubah masih di posisi semula, maka itu mengindikasikan terjadi kebocoran katup/klep.
  • brebet,terjadi letupan dan rpm drop
untuk memeriksa, buka dan bersihkan busi serta atur celahnya. celah standar pabrik sekitar 0,8-1,2 mm.

atau anda ganti saja busi tersebut.

Cara Memperbaiki Busi Mati


jika anda dalam kondisi darurat dan ingin mengakali busi yang mati/rusak, anda bisa membacanya disini cara mengakali busi mati

Sekian Gejala Busi Mati dan Cara Memperbaiki Busi Mati semoga bermanfaat............