Latest News

Perawatan Berkala Kendaraan/mobil

Perawatan Berkala Kendaraan/mobil


MOBIL MOGOK - Untuk menjaga performa kendaraan anda tetap sip dan selalu prima, perlu dilakukan perawatan berkala secara rutin. hal ini dilakukan untuk mengganti komponen2 yang bisa mengakibatkan kerusakan ataupun menurunnya performa kendaraan.


perawatan berkala biasanya dikategorikan menurut jarak tempuh mobil dalam km. ( di sebagian negara dipakai mil sebagai ukuran jarak ), berikut adalah daftar perawatan berkala pada kendaraan :

  • oli mesin butuh diganti tiap-tiap 5. 000 km
meskipun memanglah ada sebagian mobil baru sekarang ini yang merekomendasikan jarak 10. 000 km untuk interval penggantian oli mesinnya. pakai oli yang memanglah sesuai untuk mesin mobil kita, darimana kita ketahui ? tengok saran mengenai spesifikasi oli di buku panduan pemilik mobil kita, jika buku tersebut tak ada, cobalah hubungi bengkel resmi mobil tersebut, tanyakan pada pihak bengkel mengenai spesifikasi oli mobil yang paling disayangi kita. mesti diingat bahwa oli bekerja lebih berat disaat kita tengah berkendara di dalam kemacetan jalan raya. untuk filter oli, lakukan penggantian tiap-tiap 10. 000 km. baca tentang sae oli mesin
  • filter udara, filter bahan bakar diganti tiap-tiap 20. 000 km. 
sesudah filter oli, ada filter lain yakni filter udara serta filter bahan bakar. komponen penyaring ini lalu ada batasan masa pakainya, ubahlah ke-2 komponen ini tiap-tiap 20. 000 km agar performa mobil terus terjaga, filter bahan bakar serta udara yang kotor dapat dengan gampang kurangi kekuatan mobil kita. 
  • oli komponen penggerak ( drive train ) butuh diganti tiap-tiap 10. 000 km 
di mobil kita ada komponen penggerak tak hanya mesin, yakni diferensial yang biasanya dimaksud gardan serta ada transmisi yang sangat mungkin kita untuk menambah kecepatan tanpa memaksakan mesin. oli diferensial butuh diganti tiap-tiap 10. 000 km, pastinya dengan spesifikasi yang sesuai dengan rekomendasi pabrik. untuk oli transmisi manual, oli butuh diganti tiap-tiap 10. 000 km, cermati spesifikasi olinya dikarenakan ada oli transmisi yang memakai oli yang sama juga dengan oli diferensial namun ada sebagian transmisi manual yang menggunakan oli yang tingkat kekentalannya sama juga dengan oli mesin, apalagi ada transmisi manual yang diharuskan memakai oli transmisi otomatis, lantas jangan sempat salah memakai oli. lantas untuk mobil dengan transmisi otomatis, menguras serta ubahlah oli di area yang mempunyai alat spesial penguras oli transmisi otomatis tiap-tiap 25. 000 km. 
  • air radiator juga butuh diganti tiap-tiap 20. 000 km 
pakai cairan pendingin spesial siap gunakan agar tidak repot mencampurkan lagi. disamping itu pendingin type ini membuat perlindungan radiator serta mesin kita dari korosi. jauhi pemakaian air tanah, air ledeng maupun air mineral dikarenakan bisa menyebabkan berlangsungnya korosi. baca cara menguras radiator
  • menguras serta ubahlah minyak rem tiap-tiap 20. 000 km 
pakai minyak rem yang sesuai spesifikasi mobil. cermati juga situasi sepatu rem serta kanvas rem mobil kita, jika telah tidak tebal segera ubah, ingat hanya satu peranti penghenti laju mobil yaitu rem, lantas janganlah sesekali meremehkan komponen ini. 
  • timing belt serta drive belt diganti tiap-tiap 50. 000 km
untuk mobil yang menggunakan timing belt, ubahlah tiap-tiap 50. 000 km, janganlah sepelekan komponen ini, terlebih dia tidak tampak dengan kata lain tersembunyi dibalik penutupnya. jika sampai putus waktu mesin bekerja, kita dapat mengeluarkan cost besar untuk memperbaiki rusaknya mesin yang diakibatkan. tulis waktu penggantiannya agar kita ketahui kapan waktu penggantian selanjutnya. untuk drive belt atau tali kipas, ubah setiap 30. 000 km atau sesuai situasi, sabuk penggerak ini memutar banyak perihal layaknya power steering, alternator, pompa air serta kipas mesin. cermati fisiknya tiap-tiap kita membuka kap mesin, jika telah getas atau retak sebelum saat waktunya, segera ubah. baca tanda kerusakan timing belt.
  • Lain-lain.........

lantas ada komponen lain yang butuh diganti sesuai situasi, layaknya karet wiper, ubah bila hasil sapuannya telah tidak merata. peredam kejut ( shock absorber ) butuh diganti apabila telah lemah dikarenakan dapat bikin mobil tidak nyaman serta sukar dikendalikan. komponen lain yang tidak kalah penting yaitu tierod, long tierod, ball joint serta link stabilizer, jika di antara dari komponen ini telah rusak, aus atau lemah maka dapat bikin pengendalian kurang baik serta bikin suara-suara yang mengganggu dari kolong mobil, lantas cepatlah ubah apabila butuh. 


sebagian uraian di atas yaitu perawatan berkala umum yang perlu selalu kita kerjakan dalam situasi pengendaraan normal. dan lebih cepat untuk kendaraan yang dalam kerja berat/ekstrim.


sekian informasi Perawatan Berkala Kendaraan/mobil semoga bermanfaat...........

0 Response to "Perawatan Berkala Kendaraan/mobil"

Tuliskan Komentar Anda, Mohon Tidak Menyertakan Link Aktif