Tips Membeli Motor Bekas

Mobil Mogok - Tips Membeli Motor Bekas - Untuk anda yang ingin atau berniat membeli motor bekas, anda sebaiknya berhati-hati dan teliti dikala anda mau bertransaksi. cek dulu keadaan dan kondisi kendaraan dan kelengkapan surat2nya dari sepeda motor bekas tersebut.

ya, teliti sebelum membeli supaya anda tidak merasa tertipu dan menyesalinya. dalam membeli motor bekas memang sudah seharusnya kita teliti karena pencurian sepeda motor masih saja banyak terjadi. dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan dikala anda berniat membeli motor bekas .

yaitu, langsung saja ke TKP :


Tips Membeli Motor Bekas


  •  teliti harga pasaran 
sebelum saat anda lakukan pencarian motor bekas yang dapat anda beli, baiknya kerjakan teliti harga motor di pasaran terlebih dulu baik dari koran, majalah atau barangkali dapat juga dari menu pabrikan di website online penjual motor. 

  •  teliti nomor rangka serta mesin motor 
periksa nomor rangka serta mesin motor, lantas cocokkan dengan nomor rangka dan nomor mesin yang tercantum pada stnk ataupun bpkb. jika sama belum pasti motor tersebut asli, cermati lebih jelas apakah nomor rangka & mesin motor yaitu asli serta bukan hanya ketokan kasar ( biasa penjual atau penadah motor curian merubah nomor rangka serta mesin lewat cara di ketok ) 

teliti nomor polisi ke sms service polisi. caranya : tulis : metro( spasi )nomor polisi. perumpamaan : metro b8118hj kirim ke 1717 ( cuma untuk lokasi jakarta ) 

atau untuk lokasi jawa timur, silahkan anda tulis : jawa timur l4444ly kirim ke 1717. anda dapat segera dikirimi balasannya. 

  • teliti situasi fisik 
periksa situasi bodi, spion, baut, serta lain sebagainya, apakah tampak banyak goresan, situasi retak maupun pecah. upayakan akan tambah baik bila seluruh yang melekat pada motor yaitu parts orisinil. 

  • teliti situasi oli motor 
upayakan buka serta ukur oli yang ada didalam mesin. yakinkan ukuran oli tidak terlalu berlebih, dikarenakan oli yang berlebih dapat bikin nada mesin jadi lebih halus, hingga bisa menyembunyikan nada asli motor yang barangkali berbunyi kasar atau berisik. 

  •  teliti speedometer 
yakinkan supaya tak ada retak atau ada bekas pembongkaran. tengok jumlah berapakah km yang sudah ditempuh oleh motor tersebut. bila di atas 20. 000 km maka bisa dipastikan dapat sangat banyak komponen mesin yang dapat segera anda diganti. pastinya dapat memerlukan biaya yang tidak sedikit. 

  •  hidupkan mesin motor 
cobalah hidupkan mesin motor tersebut, apakah dapat stationer atau langsam. dikarenakan situasi pada mesin yang tidak punya masalah bisa langsam pada putaran lebih kurang . 500 rpm. dan yakinkan juga bahwa tak ada bunyi-bunyian yang kasar didalam mesin. 

  •  teliti perpindahan gigi 
lakukan kendaraan serta cermati posisi perpindahan gigi apakah merasa sukar atau tidak. jika merasa sukar bermakna mengisyaratkan kampas kopling motor tersebut dapat segera habis. satu lagi yang perlu di perhatikan juga yaitu, bila terdengar nada mendesir pada waktu motor jalan. kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut dapat segera habis. 

  •  teliti rangka atau sasis motor 
cermati kelurusan roda motor depan serta belakang, serta yakinkan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tak ada kebengkokkan. lakukan lebih kurang 40km/jam serta tekan rem sedikit mendadak untuk yakinkan motor tidak sukar dikendalikan. perihal ini bermanfaat untuk mendeteksi lurusnya sasis serta poros setang atau setir. 

  •  teliti kebocoran 
upayakan anda bisa coba lakukan motor lebih lama, serta sesudah motor digerakkan lebih kurang lebih kurang 500meter. cermati apakah tampak ada oli yang bocor melewati sela-sela mesin. atau ada air radiator bocor untuk motor yang menggunakan radiator. 

  •  teliti situasi kelistrikan 
periksa juga kelistrikan serta lampu-lampu layaknya lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater motor. jika seluruh berperan atau hidup, bermakna tak ada rusaknya pada komponen serta situasi aki motor tak ada permasalahan. 

  •  teliti situasi roda 
kerjakan pengecekan pada situasi roda. bagaimana kelurusan pada roda depan dengan roda belakang, perihal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok, motor yang alami jatuh atau benturan keras dapat mengakibatkan kebengkokan pada chasis. 

  •  bila dapat coba test ride 
mintalah pada si penjual supaya anda dapat coba mengendarai motor tersebut. anda pasti dapat dapat rasakan apakah motor tersebut ada kelainan atau tidak pada handling atau pada akselerasinya, dan lain-lain. 

tersebut sebagian panduan untuk menentukan motor bekas. janganlah lupa cocokkan harga yang di tawarkan oleh penjual dengan situasi motor yang dapat dijual tersebut. dikarenakan tiap-tiap motor pastinya mempunyai berlebihan serta kekurangan tiap-tiap.

sekian TIPS MEMBELI MOTOR BEKAS, dan semoga bermanfaat.