Cara Mengatasi Kopling Motor Selip

Mobil Mogok - Kopling adalah perangkat yang sangat vital kerjanya pada mesin motor anda, bertugas sebagai pemisah dan juga penghubung antara mesin dan transmisi untuk menyalurkan tenaga putaran mesin ke roda gear box. kopling ada beberapa tipe dari mulai manual sampe automatic, juga basah maupun kering.

kopling untuk sepeda motor kebanyakan tipe basah alias di rendem oli. kenapa kebanyakan, karena motor matic kan kering gan, hehehe........

kopling selip akan mengurangi hentakan maupun tenaga motor anda, dikarenakan transper tenaga dari mesin ke gearbox tidak maksimal. biasanya di tandai dengan mesin meraung saat tancap gas tapi motor akselerasinya lambat.

Cara Mengatasi Kopling Motor Selip


Cara Mengatasi Kopling Motor Selip


berikut beberapa penyebab kopling selip 

  1. kanvas kopling aus
  2. plat kopling aus
  3. rumah kopling aus
  4. baut pengunci per kopling longgar/kendor
  5. per kopling lemah
  6. oli sudah encer lama gak di ganti kali ye......

bagaimana cara memperbaikinya, cara memperbaiki ya pastinya semua komponen yang tdi kalo rusak mesti dilakukan penggantian. lantas apakah ada cara lain yang bisa dilakukan, misal mengakalinya.
tentu saja bisa, bila anda ingin mengakali kopling motor anda yang selip karena alasan tertentu, ada tips yang bisa anda terapkan. yaitu :

cara mengakali kopling selip :

  • kanvas kopling aus
jika tingkat keausan belum parah, anda bisa membentuk kembali celah2 di kanvas kopling. pake gergaji besi.

  • plat kopling aus
coba anda amplas supaya menghasilkan bidang kasar, juga cari alternatif kanfas lebih tebal, atau pilih dan ganti yang aus saja.

  • rumah kopling aus
coba untuk mencari alternatif kanvas kopling yang lebih tebal atau anda tambahkan satu plat kopling di double.

  • baut pengunci per kopling longgar/kendor 
kencangkan kembali.

  • per kopling lemah
ganjal per kopling pake kawat yang dibentuk lingkaran, atau cari per payung. itu tuh payung buat hujan, ukur dan potong awas lingkaran per harus sama atau lebihin satu lingkaran. (per ini banyak dipake para peracik mesin daerah saya keras dan murah)

  • oli sudah encer
kalo yang satu ini ganti aja, lama kali ye gak ganti oli. saking keenakan pake tu motor hehehehe................

sekian tentang Cara Mengatasi Kopling Motor Selip, semoga bermanfaat....................................................