Membedakan Busi Palsu dan Busi Asli

MOBIL MOGOK - Tentang Busi Palsu dan Busi Asli ini berawal dari pengalaman pribadi saat saya menservis motor TS 125, ketika ditemukan busi motor tersebut mati otomatis saya menggantinya. saya berangkat membeli Busi untuk motor 2 tax. pasang ke lobang busi kencangkan, pasang padud busi dan start mesin pake kick starter dan eng-ing-eng....gak hidup bro, hehehe. penasaran saya buka busi cek apinya diluar dan busi normal, pasang kembali dan gak hidup juga. sampai penasaran dan saya buka busi di motor saya yang kebetulan 2 tax juga rx-king. pasang dan hidup. dibanting dah tu busi baru.

dari pengalaman tersebut rasanya saya ingin berbagi dengan agan2 semua bagaimana sih cara membedakan busi asli dan palsu, karena pada dasarnya serupa tapi tidak sama. nah setelah cari2 nemu deh caranya, berikut saya kutip dari "motor.otomotifnet.com".

Membedakan Busi Palsu dan Busi Asli


"Buat busi merek NGK, yang paling terlihat adalah penggunaan tutup plastik di bagian drat busi. Itu jelas produk palsu. Sebab semua busi yang kami produksi tak ada yang menggunakan tutup plastik pada ulirnya. Kalaupun ada bahannya kertas itupun buat tipe Iridium, bukan standar," buka Asep Dodi, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

1. Metal Shell busi asli terbuat dari bahan besi baja yang kuat dan tahan panas. Dengan proses pengerjaan plating Cr3, busi asli tahan akan korosi dan warna tidak pudar meski disimpan lama.

2. Penulisan part number pada busi asli rapi teratur. Sedangkan yang palsu tulisan bisa lebih tebal, atau tipis dan posisi tidak rapi.

3. Konstruksi ujung elektroda, gap dan penyambungan pada busi asli sangat rapi. Sehingga kemungkinan untuk patah dan merusak mesin tak akan ada.

4. Pada terminal nut, ulir pada busi asli lebih halus dan rapi ketimbang yang palsu.

5. Karena desainnya asal, gasket/ring busi palsu mudah terlepas. Sementara posisi ring di busi asli dirancang agar lebih susah terlepas. Kalau terlepas, pihak NGK mengklaim jika ring tersebut tak akan bisa dipasang kembali pada busi.

6. Busi NGK asli selalu memiliki nomor lot produksi di bagian hexagonal yang tak ditemui di busi palsu.

sekian tentang Membedakan Busi Palsu dan Busi Asli, semoga bermanfaat.........