Tips Berkendara Saat Musim Hujan Atau Banjir

MOGIL MOGOK - Saat musim penghujan tiba sebagai yang selalu menggunakan kendaraan tuk beraktifitas harus segera memeriksa kendaraan anda baik itu mobil atau sepeda motor agar tidak timbul masalah saat berkendara pada jalanan basah dan melintasi genangan air.

Jakarta atau kota-kota lain sering menjadi langganan banjir saat musim hujan tiba, waspada kondisi kendaraan anda jangan sampai mogok dalam kondisi hujan yang akan sangat merepotkan dan menjengkelkan. perlu dilakukan pengecekan dan antisipasi agar perjalanan anda lancar aman dan selamat sampai tujuan. beberapa yang harus di cek saat musim penghujan meliputi berikut ini.

Pengecekan Kendaraan Pada Musim Hujan 


Tips Berkendara Saat Musim Hujan Atau Banjir

1. cek kinerja lampu-lampu kendaraan anda. mengingat lampu sangat penting saat musim hujan untuk signal pengendara lain disekitar anda. hal ini perlu mengingat jarak pandang berkurang.

2. cek alur atau kembang ban kendaraan. terlebih untuk pengguna sepeda motor segera lakukan penggantian ketika ban gundul. hal ini bahaya mengingat ketika menginjak jalanan basah akan licin.

3. cek cop busi atau padud busi dari kebocoran, ini penting terutama pada pengguna sepeda motor karena jika bocor akan menyebabkan mesin mati saat melintasi genangan. 

4. siapkan jas hujan, hati2 penggunaan jas hujan tipe jubah, karena bisa tersangkut ke rantai.

5. Cek kinerja kipas pembersih kaca ( mobil )

Tips Berkendara Saat Hujan

1. selalu menyalakan lampu saat berkendara.
2. jaga jarak aman dengan pengendara lain.
3. hindari pengereman terlalu extrim.
4. hindari menikung terlalu tajam.
5. nyalakan wiper ketika akan melintasi genangan air.
6. jangan membawa kecepatan dengan kecepatan tinggi.
7. perhatikan letak lubang hisap udara mesin / air intake jangan sampai genangan air masuk.

sekian tentang Tips Berkendara Saat Musim Hujan Atau Banjir, semoga bermanfaat.......................