Penyebab Asap Hitam Tebal Pada Mesin Mobil

MOBIL MOGOKAsap Hitam Tebal Pada Mesin Mobil merupakan gejala tidak normal pada mesin. Asap hitam maupun asap putih knalpot adalah indikasi gejala kerusakan di seputar pembakaran. dimana asap putih knalpot disebabkan oleh oli yang terbakar, penyebabnya bisa karena ring piston aus, sil klep / katup rusak atau aus, maupun kebocoran pada ring karet dan gasket cylinder head yang mengakibatkan oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar di ruang bakar. dan sipat dari oli yang terbakar ini akan menghasilkan asap berwarna putih.

Asap Hitam Tebal Pada Mesin Mobil Diesel dan Bensin


Asap Hitam Tebal Pada Mesin Mobil Diesel dan Bensin itu disebabkan oleh hal yang sama yaitu bahan bakar. meskipun kedua mesin tersebut menggunakan bahan bakar yang berbeda, namun pada dasarnya bahan bakar yang terlalu banyak akan menghasilkan asap hitam. pada mesin diesel asap hitam sedikit itu hal yang biasa, mengingat bahan bakar solar itu memang menghasilkan asap pembakaran yang agak hitam. namun pada mesin bensin pada umumnya asap knalpot pada mesin yang normal itu hampir tidak terlihat. nah apa sih penyebab asap hitam pada knalpot mesin bensin maupun diesel berikut ini.

Asap Hitam Tebal Pada Mesin Mobil Diesel dan Bensin diakibatkan bahan bakar terlalu banyak, pada mesin bensin berkarburator biasa diakibatkan seting spuyer yang tidak tepat atau terlalu besar. dan akan membuat boros bahan bakar. dan itulah penyebab utama asap hitam pada mesin bensin. dan hal lainya bisa dari sistem pengapian yang lemah. dan untuk mesin diesel asap tebal juga bisa berasal dari seting bahanbakar pada injector yang terlalu banyak atau terlalu besar. sama sebenarnya seperti mesin bensin, asupan bahan bakar pada mesin diesel pun bisa diatur lewat setelan di Injector. dan yang kedua bisa diakibatkan oleh nozle / pengabut bahan bakar sudah tidak berfungsi normal dalam kata lain bahan bakar tidak terkabut sempurna. untuk perbaikan, ini perlu dilakukan perbaikan dan penyetelan ulang.

sekian tentang Penyebab Asap Hitam Tebal Pada Mesin Mobil, semoga bermanfaat.............