Cara Memperbaiki Lampu Indikator Kontrol Oli Mati

MOBIL MOGOK - Indikator Kontrol Oli merupakan salah satu yang penting dan harus berfungsi di dalam panel Speedometer. Kenapa Penting, karena ini sebagai alat indikator yang akan menyala dan memberitahu kita kalau Oli dan sistem Pelumasan Pada Mesin Berfungsi dengan baik. mengingat pelumas adalah bagian vital dalam mesin itu sendiri. Pada Mobil ketika Kunci Kontak pada Posisi On lampu indikator Kontrol Oli akan Menyala dan akan Mati ketika mesin hidup. ini menandakan sistem pelumasan bekerja. dan jika ketika mesin menyala Lampu Indikator masih tetap menyala, ini menandakan sistem pelumasan terdapat masalah.

Cara Memperbaiki Lampu Indikator Kontrol Oli Mati


Lampu Indikator untuk menyala dan mati diatur oleh Switch oli ( Oil Pressure Switch ) yang terpasang pada saluran sitem pelumasan mesin. Switch oli bekerja dengan tekanan oli yang terjadi ketika mesin hidup yang akan menekan saklar pada switch. ketika tidak ada tekanan oli maka lampu kontrol akan menyala dan ketika mesin hidup dan ada tekanan oli di saluran pelumasan maka lampu indikator akan mati.

Cara Memperbaiki Lampu Indikator Kontrol Oli Mati

  • Penyebab Lampu Indikator Kontrol Oli Menyala Terus
Ini bisa diakibatkan oleh :
  1. Oli Mesin yang kosong, Habis, atau kurang.
  2. Pompa Oli pada mesin Rusak.
  3. Swicth Oli Rusak.
  4. Kabel Terlepas dari Swith oli dan menempel ke Body / Mesin ( Masa)

  • Penyebab Lampu Indikator Kontrol Oli Tidak Berfungsi

Ini bisa diakibatkan oleh :
  1. Kabel Terlepas dari Swith oli 
  2. Swicth Oli Rusak.
  3. Lampu Indikator ( Bola lampu ) Mati atau Putus.
  4. Kabel Putus.

  • Posisi / Letak Switch Oli Pada Mesin.

Setiap mesin mobil pastinya berbeda-beda untuk posisi dari Switch Oli ini terpasang, namun kebanyakan tidak jauh dari sekitar area Saringan Oli ( Oil Filter ). bentuknya seperti gambar diatas.

- Cara Memperbaiki Lampu Indikator Kontrol Oli Mati


  1. Yang harus anda lakukan adalah memastikan tidak adanya kabel terputus atau lampu indikator ( bolam ) di speedometer tidak putus. caranya dengan mencabut kabel dari switch oli dan menempelkannya ke mesin atau body dengan posisi kontak ON. dan jika dalam kondisi baik maka indikator akan menyala. jika mati, maka yang pertama harus dilakukan adalah mengecek bolam indikator pada speedometer sebelum mengecek kabel.
  2. Jika pada langkah pertama ketika menempelkan kabel ke mesin atau body dengan posisi kontak ON lampu indiktornya menyala, maka coba sambungkan kembali soket kabel ke switch oli dan jika mati, maka itu tandanya swith oli rusak perlu diganti.

Sekian tentang Cara Memperbaiki Lampu Indikator Kontrol Oli Mati dan semoga bermanfaat.