Menghitung Gigi Ratio Gearbox Sepeda Motor

Menghitung Gigi Ratio Gearbox Sepeda Motor

MOBIL MOGOK - Istilah Gigi Ratio sangat kental sekali dengan yang namanya korek mesin, sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan gigi ratio dan kenapa para mekanik balap melakukan seting ulang Gigi RatioRatio gear atau perbandingan gigi atau juga Gigi Ratio adalah angka yang menunjukkan tingkat ukuran besar kecilnya antara gigi- gigi pada transmisi. Ratio gear ini akan menentukan percepatan yang dihasilkan dari kombinasi gigi - gigi pada transmisi , pada masing - masing tingkat percepatan. Pada sepeda Motor pada umumnya menggunakan 2 gigi yang saling terhubung untuk menghasilkan satu tingkat percepatan. beda dengan Sistem Transmisi Mobil yang biasanya menggunakan lebih dari dua buah gigi untuk satu percepatan.

Cara Menghitung Gigi Ratio


sebetulnya menghitung Ratio gear itu mudah rumusanya dihitung dari jumlah mata gigi, adalah berikut ini.

Menghitung Gigi Ratio Gearbox Sepeda Motor
  • kombinasi 2 gigi
rumus : ratio gear = B : A

Contoh :
Jika pada gigi A ada 20 mata gigi, dan pada gigi B ada 40 mata gigi. Maka rasio perbandingan giginya adalah: B : A = 40 : 20 = 2

Penjelasan:
Ratinya adalah 2 yang berarti bila gigi A berputar 2 kali maka gigi B berputar 1 kali.
  • kombinasi 4 gigi
rumus : ratio gear = (B : A ) x ( D : C )
  • kombinasi 5 gigi 
rumus : ratio gear = ( B : A ) x (E : C ) x ( D : E )

Contoh :
jumlah roda gigi A adalah 10 , B = 30 , C =20 , D = 40

ratio gear = ( 30 : 10 ) x ( 40 : 20 )
               = 3 x2
               = 6
Penjelasan :
rationya adalah 6 , maksudnya adalah 6 kali putaran kopling atau akan menghasilkan 1 kali putaran output pada poros keluaran transmisi.

Gear Ratio / rasio gigi adalah untuk membuat beban mesin tidak terlalu berat, yang membuat mesin mampu menggerakkan mobil atau sepeda motor.Jadi Gigi ratio itu bukanlah gigi khusus atau gigi persneling racing yang kusus untuk dipakai balap. namun Istilah Ratio Gear itu lebih kepada perbandingan dari jumlah mata gigi dari kombinasi gigi yang digunakan pada transmisi. itu tergantung kita yang menentukan mau berapa Ratio yang kita pakai. semoga artkel Menghitung Gigi Ratio Gearbox Sepeda Motor ini bermanfaat.