Cara Menyetir Hemat BBM dengan ECO-Driving

Cara Menyetir Hemat BBM dengan ECO-Driving

MOBIL MOGOK - Cara Menyetir Hemat BBM dengan ECO-Driving - Banyak cara untuk menghemat penggunaan bahan bakar. dari mulai menggunakan angkutan umum, bersepeda dan lainnya atau anda juga bisa menerapkan ECO-Driving. nah bagaimana cara berkendara hemat BBM dengan ECO-Driving, ECO-Driving adalah berkendara dengan cara-cara yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan mengurangi tingkat polusi, sehingga dengan demikian dapat dikatakan sebagai cara berkendara yang berorientasi pada kepeduliaan terhadap lingkungan juga keselamatan berkendara. bagaimana penerapannya dalam berkendara, berikut ini.

Cara Menyetir Hemat BBM dengan ECO-Driving

  • Jaga RPM putaran mesin
Jaga Rpm di antara 1500-2500. Karena jika terlalu cepat BBM akan terbuang dengan cepat sedangkan jika terlalu rendah juga akan sama.
  • Pastikan Kondisi Mesin Prima
Kondisi mesin yang baik akan membuat bahan bakar tidak terbuang percuma. masalah atau kerusakan pada mesin bisa menyebabkan boros bbm.


Cara Menyetir Hemat BBM dengan ECO-Driving

  • Gunakan engine braking
Ketika engine braking berlangsung, komputer akan memutus aliran bahan bakar ke mesin. Jika punya mobil injeksi ada baiknya engine braking ini di maksimalkan kegunaannya.
  • Cek tekanan angin ban
Hambatan mobil akan bertambah jika tekanan ban berkurang, maka pastikan tekanannya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrik. Jika hendak membawa beban banyak dan melaju di jalan tol, ada baiknya menambah 2-3 psi.
  • Hindari akselerasi dan pengereman berlebihan
Sebisa mungkin kita harus memperhitungkan kecepatan dengan melihat kondisi yang ada didepan kita. Dengan melaju sekonstan mungkin akan terhindar dari pemborosan BBM dikarenakan kebutuhan energi tinggi saat mengembalikan kecepatan setelah mengerem.
  • SPBU presisi
Jika kita mengisi bahan bakar di SPBU yang terpercaya dalam hal takaran yang akurat maka akan terhindar juga dari keborosan. Karena dengan demikian bahan bakar terisi sesuai porsi yang dibutuhkan.
  • Matikan AC 
Matikan AC jika cuaca tak begitu panas, karena kompressor AC menambah beban kinerja mesin.
  • Lepas Gas ketika Jalan Menurun
Saat menemui jalan yang menurun, segera melepas injakan pedal gas. Sebaliknya, ketika jalan menanjak, pengemudi sebaiknya mengantisipasi jarak tanjakan itu untuk menambah gas.

Nah bagaimana apakah anda tertarik untuk menerapkanya pada kebiasaan berkendara anda sehari-hari. semoga Cara Menyetir Hemat BBM dengan ECO-Driving bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda. sumber : http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2012/10/25/hemat-bbm-dan-nyaman-berkendara-dengan-penerapan-eco-driving-498178.html