Ciri Top Mesin Dan Cara Mengetopkannya

MOBIL MOGOK - Pada kali ini, saya akan mengulas tentang Ciri Top Mesin dan cara mengetopkan mesin. sebagaimana kita tahu dalam melakukan perbaikan kadang ada bagian yang harus kita pahami dulu letak TOP nya. seperti saat akan menyetel klep atau membuka cylinder head dan lainnya.

Posisi top mesin ditandai dengan menutupnya kedua katup (in dan ex)pelatuk klep longgar (bebas tidak menekan) serta posisi piston berada di titik mati atas. Adapun tanda2 yang biasanya dipakai pada gigi adalah (panah, angka, coakan, dan ciri warna) perhatikan dan lihat apa ciri yang dipakai, cari lawan dari tanda TOP nya.


Ciri Top Mesin Dan Cara Mengetopkannya


Sebagai contoh untuk yang pake timing belt tanda top ada di gigi dan body mesin, gigi saling berkait berarti tanda ada di gigi dan gigi. dan untuk yang pakai rantai keteng ada di gigi dan rantai.

Untuk lebih menunjang lagi referensi anda ketika berniat membongkar mesin sendiri, anda harus mengetahui Cara menyetel Keteng / kamrat. karena pastinya ini komponen yang menjadi penghubung kedua gigi yang anda TOP kan. sebagai finishing, tentunya anda harus menyetel klep kembali. karena pastinya ukuran celahnya berubah lihat di Cara Menyetel Klep dan Ukuran Kerenggangan Klep.

ingat dan pastikan posisiTOP mesin sebelum anda membongkarnya.......

sekian  Ciri Top Mesin Dan Cara Mengetopkannya semoga bermanfaat...................