Cara Setel Klep Motor

MOBIL MOGOK - Menyetel klep motor 4 tax adalah biasanya pekerjaan para mekanik. ya itu butuh keakuratan tapi jika anda tahu caranya anda juga bisa setel klep sendiri. jangan takut karena untuk motor tidaklah serumit setel klep mobil yang 4 silinder lebih. kalo untuk yang lebih dari satu silinder baru harus betul2 akurat.

Cara Setel Klep Motor


Untuk menyetel klep motor langkah2nya,

siapkan kunci ring 8/9,kunci 17 untuk honda grand,supra110,kunci 24 untuk jupiter,gl pro,mio dll..shogun,kaze,pakai kunci 8/9-10/11 lain lagi motor revo,vario,spin,dia harus buka blok depan,kunci yang dipakai biasanya 12 sekarang langkah penyetelan:

buka tutup plastik yang berada diblok kiri(bagian magnit)buka juga tutup plastik yang kecil (pada honda)kunci 17 pada shogun.untuk metic ada disebelah kanan. bisasnya pakai karet lentur bagian atas(bagian magnit/kipas)...smua yang saya sebut diatas tujuanya untuk menyetel top,atau TMA(titik mati atas piston) 

Cara Setel Klep Motor

masukkan kunci 17(ada yang 14/19)tergantung mrk motor,cari huruf T dibagian atas atau tanda 2 garis inti dari smua posisi piston atau seker berada tepat diatas,kalau ragu2 masukin obeng kedalam lobang busi kemudian goyangkan kunci 17 tadi,untuk meyakinkan piston tepat diatas.

Goyang2 pematuk klep ats juga bawah,kalau terlalu kencang kendorkan pakai kunci 8ring,satu lagi alat penahan pelatuk,alat ini untuk menahan baut/mur yang tertancap pada pelatuk,untuk ukuran kerenggangan klep atas dan bawah beda,yanga atas 0,5 bawah bisa 0,7 untukmotor standar (seukuran silet)

sekian tentang Cara Setel Klep Motor, semoga bermanfaat...........................