Cara Membersihkan Busi Mobil Dan Motor

Cara Membersihkan Busi Mobil Dan Motor

MOBIL MOGOK - Busi adalah komponen pemantik bunga api pada sistem pembakaran mesin bensin ( Gasoline Engine ) busi itu banyak macam dan jenisnya. namun saya tidak akan membahas tentang jenis busi namun bagaimana cara membersihkan busi yang kotor dan ngerak. karena sering sekali busi kotor dan ngerak karena berbagai macam faktor. busi yang kotor tentunya akan bisa membuat pengapian tidak maksimal bahkan bisa menyebabkan mesin brebet. nah bagaimana cara membersihkan busi yang baik dan benar, berikut ini.

Cara Membersihkan Busi yang Benar


Yang pertama tentunya anda harus terlebih dahulu membuka busi. buka busi disarankan dalam keadaan mesin dingin. ini untuk menghindari drat busi slek atau dol kemudian anda ambil amplas dan sikat kawat. nah setelah itu anda bersihkan terlebih dahulu busi menggunakan sikat kawat untuk menghilangkan kerak, setelah itu anda gunakan amplas untuk membersihkan sisa kerak, gosok pada bagian celah busi dan bagian lainnya yang berkerak hingga bersih. korek kotoran di bagian keramiknya dan semprot untuk membersihkan sisa kerak.


Kenapa saya tidak menyebutkan mencucinya menggunakan bensin, karena pernah punya pengalaman ketika sesudah membersihkan busi menggunakan bensin, busi malah bermasalah, mungkin karena basah akibat bensin yang masuk ke bagian keramiknya.

Setelah dibersihkan ukurlah celah busi menggunakan Fuller Gauge bisa anda pelajari di celah ukuran busi pasanglah kembali busi dan lihat perbedaanya. dan jika busi kendaraan anda mati diperjalanan, ada cara ala MOBIL MOGOK yang bisa menolong anda, penasaran, lihat saja di Cara Memperbaiki Busi Mati.

Sekian tentang Cara Membersihkan Busi Mobil Dan Motor dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih atas kunjungan anda.