Cara Memperbaiki Klep Bocor Akibat Nyangkol / Nyangkut

Cara Memperbaiki Klep Bocor Akibat Nyangkol / Nyangkut

MOBIL MOGOK - Cara Memperbaiki Klep Bocor Akibat Nyangkol / Nyangkut - Kesempatan kali ini akan saya coba angkat mengenai masalah klep atau katup yang nyangkol atau nyangkut yang bisa diakibatkan oleh terganjal kotoran dan masalah lainnya yang pernah saya temui. klep nyangkut atau terganjal akan membuat kompresi bocor dan mesin motor susah hidup atau bahkan tidak hidup dan ketika di slah atau di starter maka akan sangan enteng atau ringan. masalah klep nyangkut biasa ditemui di Honda Vario atau Yamaha Mio. mungkin itu dari pengalaman saya selama ini.

Klep nyangkut yang bisa juga terjadi di beberapa jenis sepeda motor, karena honda tiger dan GL series pun pernah saya temukan ada penyakit seperti itu. nah bagaimana cara memperbaikinya. memang ada cara yang bisa anda coba sebelum anda membongkar dan mensekur atau sekir ulang klep atau katup mesin sepeda motor anda. langsung saja caranya. cara disini dengan catatan bukan klep nyangkut akibat bertabrakan dengan piston alias cuma nyangkol atau terganjal yang hanya mengakibatkan kompresi bocor.

Cara Memperbaiki Klep Terganjal atau Nyangkut

  • Cara Pertama :

Coba anda slah-slah mesin sambil anda tarik/putar tuas gas agak banyak. slah dengan sedikit bertenaga agar putaran mesin kencang. jika beruntung mesin akan hidup kembali meski agak ngempos. ketika hidup anda tahan gas biarkan mesin meraung terlebih dulu.

  • Cara Kedua :
Cara kedua bisa anda coba jika cara pertama tidak berhasil, caranya anda buka karburator dan knalpot serta busi. posisikan piston pada TMA atau pada top mesin. ditandai dengan kedua platuk penekan katup tidak menekan batang klep. posisi piston dilihat dari lubang busi (colok pakai obeng) selanjutnya anda masukan oli mesin kira2 setutup botol pada lubang manipold IN dan EX. kemudian satrter atau slah. pasang busi dan coba slah atau starter jika kompresi mulai kembali maka mesin akan hidup dan jika knalpot ngebul atau berasap, biarkan saja nanti juga hilang sendiri.
  • Cara Ketiga :
Cara Memperbaiki Klep Bocor Akibat Nyangkol / Nyangkut

Cara ketiga bisa dilakukan jika kedua cara diatas tidak berhasil. caranya ya anda bongkar mesin dan sekur atau sekir ulang klep.

Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.