Cara Mengetes Kondisi Pulser Pengapian Sepeda Motor

Mobil Mogok - Salah satu bagian penting dalam sistem pengapian sepeda motor adalah Pulser. bagaimana tanda pulser mati, tentunya kalo pulser mati mesin ya gak bakal hidup atau mogok. namun kebanyakan kasus jika pulser mau mati biasanya ada tanda-tanda yang mengisyaratkan bahwa pulser udah lemah. Gejala pulser lemah / problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas. 

Ciri Pulser Motor Bermasalah / Lemah  atau  Mati


Untuk gejala pulser lemah atau bermasalah tapi belum mati total sudah saya sebutkan diatas, yaitu mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas. Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, dan mesin tidak akan hidup sama sekali karena CDI tidak akan mendapat perintah waktu untuk meletikan api. lalu bagaimana cara memastikan bahwa pulser betul-betul mati dan bukan dari yang lain, berikut ini cara tes nya.

Cara Mengetes Kondisi Pulser Pengapian Sepeda Motor

Cara Mengetes / Cek Kondisi Pulser Pengapian Pakai Avometer


Sebetulnya mungkin sebagian dari anda yang berkunjung ke artikel ini juga mencari tahu bagaimana cara mengecek pulser pakai avometer. memang kebanyakan untuk mengetes pulser mati itu mencoba dengan pulser baru ( copot pulser dan coba pinjam dari motor yang tidak ada masalah atau yang baru ) namun cara itu ribet. nah ketika saya mencari-cari caranya. nemu nih cara buat ngetes pakai avometer. moga bisa menjawab cara tes pulser.

" pulser ialah besi bermagnit di lilit kawat tembaga halus. bila ada benda besi di tempelkan pada ujung pulser dan ditarik berulang-ulang maka ujung-ujung dari pulser tersebut mengalir listrik dapat kita lihat dengan avo meter dengan jarum penunjuk pemakaian pada ohm meter skala  x10 atau x100 maka jarum akan menunjukkan nilai dari lilitan pulser kemudian kita tempelkan besi pada ujung pulser berkali-kali maka akan terlihat jarum ohm meter bergetar tanda ada aliran listrik yang mengalir dari pulser ".

Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda. mohon koreksi jika ada yang salah.