Cara Merawat Dan Menyetel Rantai Sepeda Motor

MOBIL MOGOK - Cara Merawat Dan Menyetel Rantai Sepeda Motor - rantai mempunyai manfaat yang sangat penting, namun pemilik kendaraan kerap mengabaikannya. waktu melaju, semestinya rantai sepeda motor tidak berbunyi. bila terdengar bunyi yang bikin telinga ngilu, berarti ada sisi rantai yang perlu di periksa.

rantai kerap di biarlah merenggang atau kurang pelumas. perihal ini mengakibatkan umur rantai jadi lebih pendek. sesudah tersiram air hujan, sebenarnya rantai perlu di bersihkan serta di oleskan pelumas lagi. bila sampai berkarat, rantai dapat mudah putus. 


Cara Merawat Dan Menyetel Rantai Sepeda Motor


ada jenis sepeda motor yang rantainya di lengkapi sistem pelumasan serta ada juga yang perlu di lumasi dengan manual. untuk jenis yang pertama, beberapa praktisi otomotif terus merekomendasikan supaya di kerjakan kontrol dengan teratur untuk menghindar sproket ( gir ) cepat lancip. untuk melumasi rantai, bersihkan dulu seluruh debu atau pasir yang melekat dengan cairan spesial untuk rantai. lantas lumasi dengan oli mesin, gemuk, atau cairan spesial rantai yang dapat di beli di bengkel motor. 

Cara Merawat Dan Menyetel Rantai Sepeda Motor

cara melumaskan oli yakni memarkirkan motor dengan standar ganda lantas putar rodanya serta teteskan oli mesin sedikit untuk sedikit. bila menggunakan gemuk, usapkan merata pada rantai sembari memutar roda dengan perlahan. demikian juga dengan cairan spesial yang tinggal di semprotkan di bagian gir saja. 

sesudah pelumasan di kerjakan, setel kelenturan rantai. ini untuk menghindar supaya rantai tidak terlampau tegang yang dapat menyebabkan putus waktu melaju. juga supaya tidak terlalu kendur yang dapat bikin rantai terlepas dari sproket. rantai yang lepas bisa mengakibatkan kecelakaan serius, karena rantai dapat terjepit di lengan ayun serta menghentikan putaran roda dengan mendadak. 


jarak kelenturan rantai yang di anjurkan yaitu sentimeter. cara menyetelnya yaitu cari dimana posisi rantai sangat tegang pada rantai sisi bagian atas, lantas angkat rantai di bagian bawah. untuk menyesuaikannya, cukup mengendurkan baut poros as belakang serta mengatur posisi kelenturan melewati tanda yang ada di ke-2 segi. sesudah jaraknya sama, kencangkan baut poros as tadi. 

Cara Merawat Dan Menyetel Rantai Sepeda Motor

lantas, apa yang mengakibatkan rantai cepat rusak ? terus-terusan lakukan pengereman mendadak bisa menyebabkan rantai cepat molor. sesaat menambah kecepatan dengan tiba-tiba akan mengakibatkan rantai menegang dengan mendadak. oleh karena itu, kendarai motor pada kecepatan yang tengah saja atau janganlah mengebut. 

kapan rantai mesti di ubah ? indikatornya yaitu tanda di poros sisi belakang yang berperan untuk mengatur kelenturan.. bila telah mentok, rantai mesti di ubah dengan komponen asli.

sekian Cara Merawat Dan Menyetel Rantai Sepeda Motor, semoga bermanfaat........................................