Cara Kerja Noken As / Camshaft, Durasi dan Lift Max

MOBIL MOGOK - Noken As / Camshaft banyak disebut sebagai kunci untuk memaksimalkan tenaga mesin motor 4 langkah ( 4 tax ) mengikuti ubahan yang dikerjakan pada mesin. untuk mengupgrade performa mesin biasanya dilakukan menaikan kompresi, porting dan polish, memperbesar diameter klep dll, dan untuk memaksimalkan ubahan tersebut maka diperlukan penghitungan ulang Durasi dan Lift Max Noken As / Camshaft.

Noken As / Camshaft adalah berfungsi mengatur buka & tutup klep yang dibutuhkan untuk mengatur bahan bakar melewati klep in dan membuang melewati klep ex. memodifikasi Noken As / Camshaft pastinya diperlukan jika mesin sudah dilakukan ubahan pada beberapa komponen. karena jika masih mempertahankan Noken As / Camshaft yang original tanpa di modifikasi maka kinerja mesin tidak akan maksimal. maka umum dilakukan modifikasi  Durasi dan Lift Max pada Noken As / Camshaft tersebut.

Cara Kerja Noken As / Camshaft, Durasi dan Lift Max


  • Lift Max
Untuk motor standart, Lift Max adalah 23% dari diameter katup in. dan untuk motor balap dengan track sirkuit yang tidak terlalu panjang, Lift Max sekitar 29% - 31% dari diameter klep in. Untuk balap dengan sirkuit panjang, Lift Max dapat dibuat hingga 35% dari diameter katup.

  • Durasi
Cara menghitung durasi terdapat beberapa cara dan berikut salah satu cara yang bisa dilakukan.
angka LC (lobe center) pada noken as adalah hal yang pertama harus kita ketahui untuk memodifikasi noken as tersebut. Untuk mengetahui LC, kita harus memasang noken as pada mesin dan mengukur dengan busur derajat yang dipasang pada kruk as sebelah kiri /magnet. atau lihat gambar


Sebagai contoh : LC PADA JUPITER Z : 103 jika kita menginginkan durasi 310 derajat. maka derajat in open dan derajat in close ?

Perhitungan Untuk Mencari in close :

310 - 180 - 52 = 78

Dri perhitungan di atas, untuk LC 103 dan durasi yang di inginkan 301 maka In Open 52 dan In Close 78 setelah TMB. ( sumber : http://oto-trendz.blogspot.com/2012/01/untuk-meningkatkan-daya-atau-power.html )

Sekian tentang Cara Kerja Noken As / Camshaft, Durasi dan Lift Max, semoga bermanfaat............