Penyebab Aki Basah dan Kering Cepat Rusak Atau Soak

Penyebab Aki Basah dan Kering Cepat Rusak Atau Soak

MOBIL MOGOK - Penyebab Aki Basah dan Kering Cepat Rusak Atau Soak - Aki atau Batre atau juga biasa disebut Accu merupakan sumber listrik pada kendaraan. umur aki bawaan motor atau mobil memang beragam ada yang pendek bahkan juga bisa mencapai 3 tahun lebih. Untuk Aki kering Pada kondisi normal (sistem pengisian kendaraan normal) umur battery bisa mencapai 2 – 3 tahun dengan catatan pemakaian beban listrik sepeda motor tidak berlebih dan sepeda motor setiap hari minimal kalau tidak dipakai dipanaskan terkadang banyak kasus yang pada kendaraannya boros aki atau aki tidak tahan lama alias cepet rusak. nah sebetulnya apa sajakah yang bisa mengakibatkan aki cepat rusak. selengkapnya berikut ini.

Penyebab Aki Basah dan Kering Cepat Rusak Atau Soak

  • Pemakaian arus listrik berlebihan
Penggunaan atau penambahan asesoris seperti TOA, lampu-lampu dan peralatan ALAY lainya akan membuat umur aki tidak tahan lama. karena akan menyebabkan pemakaian arus listrik berlebihan.


Penyebab Aki Basah dan Kering Cepat Rusak Atau Soak

  • Ada kebocoran arus listrik / konsleting
Kebocoran arus listrik bisa di periksa menggunakan Avometer atau Ampere Meter, caranya dlm kondisi mesin mati dan kunci kontak off, lepaskan kabel negatif dari baterai. Hubungkan jarum positif (+) amperemeter ke kabel massa dan jarum negatif (-) amperemeter ke terminal negatif (-) baterai. kemudian baca pada layar AVOmeter, maksimal kebocoran yang diperbolehkan adalah 0,1mA, bila melebihi itu, kemungkinan ada hubungan singkat atau ada arus yang keluar. biasanya ini terjadi bila Anda menggunakan lampu variasi, klakson variasi atau bisa juga alarm, itu akan membuat aki tekor lama-kelamaan.
  • System pengisian tidak normal
System pengisian tidak normal sudah pasti akan membuat aki tekor dan akan mudah rusak. untuk mengecek sistem pengisian, periksa dengan mengecek tegangan yang masuk ke battery menggunakan voltmeter / Avometer, dengan cara colokkan kabel positif Avo ke kutub (+) positif aki dan kabel negatif Avo ke kabel hijau atau ground alias kutub (-) negatif Aki, untuk kondisi normal, kondisi mesin mati tegangannya minimal 12 volt, kemudian pada saat motor menyala dan gas ditarik naik menjadi 13 volt lebih, maksimal di angka 15volt. apabila tegangan kurang atau lebih dari angka tersebut maka perlu dilakukan pengecekan ulang kiprok dan spull atau sistem pengisian secara menyeluruh.
  • Sel-sel aki sudah jelek
Sel aki yang jelek akan membuat aki tidak bisa menyimpan setrum. ini bisa diakibatkan oleh umur aki yang memang sudah usang atau air aki kurang atau habis dan juga pengisian tidak normal. mengisi air aki tidak boleh kurang dan tidak boleh juga berlebih.
  • Untuk aki basah, air aki sudah jelek.
Untuk jenis aki basah, air aki sudah jelek atau tawar juga bisa membuat aki soak dan ngedrop. memang ada alat untuk mengecek kondisi air aki. namun jika aki anda soak, jangan buru-buru dibuang ada baiknya anda baca dulu Cara Memperbaiki Aki Basah soak dan juga Cara Memperbaiki Aki Kering Soak.