Mobil Mogok - Dalam hal memodifikasi sepeda motor, selain dari menaikan kapasitas mesin dan sektor lainya pada mesin, satu yang juga dilakukan modifikasi adalah pada ratio gearbox atau gigi ratio. terkadang para mekanik melakukan ubahan pada bagian ini untuk memaksimalkan performa sesuai dengan karakter yang di inginkan. baik dilakukan ubahan pada seluruh ratio gigi maupun pada beberapa bagian percepatan.
bagi sepeda motor yang ingin diubah ratio gearboxnya, bisa juga ambil dari sepeda motor dari satu pabrikan baik itu Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. contohnya untuk varian Honda CB dan GL series, rumah gearboxnya sejenis dan tentunya bisa aplikasikan gearbox lain dari seri mesin yang lain. dan tentunya ada perbedaan antara GL 100 dan gl pro serta lainnya. ini pun pastinya terjadi di motor yang lain. nah buat yang sedang mencari-cari data perbandingan gigi ratio motor, berikut ini data ratio standarnya.
Data Gigi Ratio Gearbox Sepeda Motor Standar
- Suzuki
- Satria 120 : 1(11-32), 2(14-23), 3(18-20), 4(21-23), 5(18-20) & 6(17-21).
- Satria FU150: 1(12-33), 2(14-25), 3(19-26), 4(21-23), 5(23-21) & 6(25-20).
- spin / Skywave: 13-45
- Smash: 1(11-33), 2(16-30), 3(19-26) & 4(19-20).
- New Smash: 1(11-33), 2(16-30), 3(19-26) & 4(19-20).
- Shogun FL125: 1(11-32), 2(12-25), 3(17-22) & 4(19-20).
- Shogun 125: 1(11-33), 2(14-25), 3(17-22) & 4(19-20).
- Shogun 110: 1(11-33), 2(16-30), 3(19-26) & 4(19-20).
- Yamaha
- YAMAHA jupiter MX: 1(12-34), 2(16-30), 3(17-23) & 4(22-23).
- YAMAHA RXZ & Touch125: 1(12-34), 2(16-29), 3(19-26), 4(21-24), 5(23-23) & 6(24-22)
- YAMAHA RX-KING: 1(12-34), 2(16-30), 3(19-26), 4(22-24) & 5(24-22).
- YAMAHA jupiter-Z / Crypton / Vega: 1(12-38), 2(17-33), 3(21-28) & 4(21-23).
- YAMAHA MIO : 13-42
- YAMAHA F1ZR: 1(12-39), 2(16-29), 3(19-25) & 4(22-23).
- Honda
- HONDA KHARISMA / SX125: 1(14-35), 2(20-31), 3(20-23) & 4(26-24).
- HONDA Supra / Grand 110 / Supra Fit 110: 1(12-34), 2(17-29), 3(21-26) & 4(24-23).
- HONDA BLADE: 1(13-34), 2(18-28), 3(22-25) & 4(24-22).
- Kawasaki
- KAWASAKI NINJA R: 1(10-27), 2(17-29), 3(20-26), 4(24-24), 5(21-20) & 6(22-19).
- KAWASAKI NINJA RR: 1(10-27), 2(17-29), 3(20-26), 4(22-24), 5(21-20) & 6(22-19).
- KAWASAKI KAZE/BLITZ: 1(12-36), 2(16-31), 3(20-27) & 4(23-25).
Semoga data diatas bisa membantu anda dalam meriset ratio gearbox mesin untuk kebutuhan balap maupun harian. dan terimakasih atas kunjungan anda. Sumber: http://infobalapliarjakarta.blogspot.com