Fungsi Lubang Pernafasan Mesin / Ablas

Mobil Mogok - Sobat tentunya tahu dengan selang pernafasan mesin atau yang umum orang bilang ablas mesin. tapi apakah sobat tahu sebenarnya apa saja sih fungsi dari ablas mesin tersebut. nah memang orang rata-rata hanya tahu kalo selang atau lubang pernafasan mesin itu hanya untuk pernafasan mesin saja. tapi sebetulnya bukan hanya itu lho fungsinya. dan berikut ini saya coba jelaskan tentang beberapa fungsi ablas pada mesin dan apa yang terjadi jika ablas mesin tersebut tersumbat.

Untuk selang pernafasan mesin pada motor jaman dulu kebanyakan dibiarkan saja keluar ke bawah, tapi jika kita lihat pada mesin modern kebanyakan selang tersebut masuk ke kotak atau box filter udara. dari sini kita akan bahas fungsinya.

Fungsi Lubang Pernafasan Mesin / Ablas


Fungsi Lubang Pernafasan Mesin / Ablas

  • Yang pertama fungsinya adalah sebagai pernafasan atau tempat bersirkulasinya udara di dalam kalter mesin. seperti kita ketahui saat mesin hidup, piston di dalam mesin bergerak naik turun antara TMA-TMB nah pada saat itu terjadi kevakuman udara di dalam kalter. ketika piston naik udara akan tersedot masuk dan ketika piston turun udara akan tertiup tertekan keluar. tentunya dengan adanya lubang pernafasan gerak piston ini lancar.
  • Yang kedua adalah sebagai penyalur kompresi yang bocor. pada saat apa, yaitu pada saat piston berada di langkah kompresi bukan tidak mungkin ada udara yang telah bercampur bahan bakar melintas ke kalter melewati dinding silinder dan ring piston. dan akan di keluarkan pada saat piston bergerak turun dipompa ke kotak filter udara agar tidak mencemari lingkungan.
  • Sebagai pendingin mesin dan penghangat udara. lha kok pendingin dan penghangat, maksudnya sebagai pendingin ketika udara dari luar tersedot masuk ke dalam mesin. yang tesedot tentunya kan udara dingin. nah kalo berfungsi sebagai penghangat adalah ketika udara dipompa keluar dari mesin kan tentunya udara yang hangat atau panas, ini akan membantu menghangatkan udara yang ada di box filter yang akan terhisap ke ruang bakar.


Efek Lubang Pernafasan / Ablas Mampet


Kalo efeknya pasti anda sudah terbayang kalo sudah tahu fungsi dari ablas ini. gerak piston akan terhambat pastinya dan akan berimbas ke tenaga mesin. dan karena di dalam kalter ada tekanan udara, sil-sil yang ada di mesin bisa bocor.

Semoga Fungsi Lubang Pernafasan Mesin / Ablas bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.