Membedakan Kerusakan Aki / Batre dan Pengisian / Kiprok

Membedakan Kerusakan Aki / Batre dan Pengisian / Kiprok

MOBIL MOGOK - Salah satu yang paling penting pada kendaraan adalah accu / aki / batre. bagaimana tidak aki berperan sebagai sumber listrik untuk seluruh kelistrikan motor. salah satu hal yang paling terasa ketika aki rusak adalah tidak berfungsinya electrik starter, dan tentu akan merepotkan jika anda harus menggunakan kick sarter, terlebih pada motor matic. nah aki yang tiba-tiba setrumnya drop ini belum tentu rusak, bisa jadi sistem pengisian yang bermasalah. pada sepeda motor terdapat kiprok ( regulator rectifier ) yang berfungsi sebagai salah satu sistem pengisian. Sesuai namanya, bekerja sebagai pengatur tegangan di angka normal, yaitu kisaran 13,5 Volt. dan menyearahkan arus dari AC ke DC. dan berikut ini cara membedakan kerusakan aki dan kiprok

Cara Membedakan Kerusakan Aki dan Kiprok


Bagaimana cara membedakan kerusakan aki dan kiprok, cukup mudah menurut saya karena pada dasarnya kerusakan yang ditimbulkan oleh aki dan kiprok itu berbeda. jika kerusakan terjadi pada aki biasanya gejalanya setrum tidak akan total hilang, kadang ketika mesin sudah agak lama dipakai maka setrum akan kuat untuk starter mesin dan ketika didiamkan lama atau kendaraan tidak dipakai agak lama aki setrumnya drop lagi. ini menunjukan kalo kiprok tidak bermasalah alias mengisi. dan aki dalam kondisi rusak.


Membedakan Kerusakan Aki / Batre dan Pengisian / Kiprok

Berbeda dengan kerusakan pada sistem pengisian khusunya kiprok, gejala yang timbul adalah setrum akan habis total atau aki mati total dan setrum aki tidak akan kembali terisi meski mesin dipakai lama atau dihidupkan lama. memeriksa kiprok juga bisa menggunakan multitester, yang diposisikan pada Volt. Jika tegangan tidak terbaca maka dipastikan kiprok rusak. dan jika terbaca hingga 15 Volt atau malah di bawah 13 Volt, artinya kinerja kiprok sudah enggak normal. karena normalnya di kisaran 13,5 Volt. tegangan terlalu besar akan membuat air aki cepat berkurang dan akan membuat aki kering menggelembung. dan jika terlalu lemah maka lampu akan redup dan klakson kurang nyaring.

Nah, semoga Membedakan Kerusakan Aki / Batre dan Pengisian / Kiprok ini bermanfaat untuk anda dan terimakasih atas kunjungan anda.