Letak Posisi Tabung Oli Power Steering Berbagai Mobil

Letak Posisi Tabung Oli Power Steering Berbagai Mobil

MOBIL MOGOK - Berawal dari banyaknya yang bertanya dimana letak posisi tabung oli power steering pada jenis mobil baru seperti Honda jazz, Toyota Rush, Nissan Grand Livina dan mobil-mobil baru lainya, kali ini saya akan mencoba mengangkat dimana letak posisi tabung oli power steering tersebut. sebelum saya jawab, kita telusuri dulu yuk, power steering itu tidak semuanya menganut power steering hidrolik yang memakai cairan atau fluida. mobil baru sekarang ini banyak memakai jenis electrik power steering atau power steering elektrik. nah, dari situ kita bisa menjawab, jadi tidak semua mobil ada terdapat tabung oli power steering. tentunya untuk yang memakai power steering electrik tidak memakai oli power steering. 

Jenis Power Steering

  • Power steering hidrolik.
Rangkaian Power steering Hidrolik
Power stering hidrolik

Pada jenis power steering ini terdapat pompa hidrolik, selang high presure dan oli power steering sebagai fluida. pompa digerakan oleh belt yang terhubung ke pully mesin. cara kerjanya Ketika kemudi diputar, tahanan yang terbentuk oleh berat kendaraan dan mobil gesekan antara ban dan permukaan jalan menyebabkan torsion bar di dalam rotary valve menjadi membelok. Hal ini merubah posisi valve spool dan sleeve, kemudian mengarahkan minyak power steering dibawah tekanan ke power cylinder.
  • Electrik Power Steering ( EPS )
Electrik Power Steering
Electrik Power Steering ( EPS )
Electrik Power Steering ( EPS ) adalah salah satu mekanisme spec teknologi terbaru tanpa menggunakan pompa oli power steering. Power Steering Electronic ini dapat bekerja dengan sendirinya di saat mobil dalam posisi On (standby), tenaga yang dihasilkan oleh motor listrik power steering dapat digerakkan oleh tenaga listrik yang dihasilkan oleh aki. Terdapat Indikator power steering dapat dilihat pada spedometer mobil, biasanya ditandai oleh lampu yang bergambar setir yang berbentuk lingkaran. Jika mesin dihidupkan Noise suppressor mengirimkan perintah ke control module untuk menjalankan motor listrik dan clutch yang menghubungkan motor dengan batang setir. jika dilihat kebawah tepat pada setir terlihat seperti dinamo menempel dan ada kabel yang tesambung.

Nah dari penjelasan diatas tentu anda tidak akan bingung lagi ketika mobil baru anda tidak ada tabung oli power steeringnya seperti mobil lama anda. langsung aja cek ke area kolong dan lihat, apakah menganut power steering elektrik. jika ya, tidak akan ada tabung oli nya. Untuk power steering lakukan Perawatan Power steering agar tidak mudah jebol. sekian Letak Posisi Tabung Oli Power Steering Berbagai Mobil semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.