Kelebihan dan kekurangan Sistem injeksi EFI

Kelebihan dan kekurangan Sistem injeksi EFI

MOBIL MOGOK - Plus - Minus atau Kelebihan dan Kekurangan pasti ada pada sebuah sistem, tak terkecuali pada teknologi Injeksi atau sistem injeksi EFI. nah bagi anda yang ingin membeli kendaraan baik itu mobil dan sepeda motor dan sedang meilih-milih mau ambil yang masih pakai karburator atau yang sudah EFI. mungkin berikut ini bisa membantu anda untuk menjatuhkan pilihan. dan bagi yang belum tahu tentang cara kerja dan sistem EFI, bisa anda baca tulisan saya sebelumnya Komponen dan cara kerja EFI

Kelebihan dan kekurangan Sistem injeksi EFI


Berikut ini kelebihan dan kekurangan pada teknologi Injeksi atau sistem injeksi EFI ( Electronic Fuel Injection ).
  • Kekurangan sistem injeksi EFI

Kurangnya tenaga ahli

Injeksi bahan bakar termasuk teknologi baru, tidak semua bengkel umum mampu memperbaiki di saat terjadi permasalahan pada kendaraan.

Sensitif kelistrikan

Kondisi kendaraan dilaporkan oleh sensor, dan sensor terhubung menggunakan kabel berkonektor. Konektor sering menjadi penyebab pelaporan sensor ke engine control module menjadi kacau. Pengiriman laporan sensor ke engine control module menggunakan sistem pengaman. Apabila konektor kabel terjadi korosi, hal ini akan meningkatkan sistem pengamanan sehingga laporan dari sensor mengakibatkan engine control module berfungsi dengan tidak tepat dan dapat mengakibatkan kerusakan yang disebabkan aliran listrik yang tidak stabil.


Kelebihan dan kekurangan Sistem injeksi EFI

- Akselerasi kurang responsif

Terjadinya proses yang panjang dari sensor pengatur jumlah udara dan laporan dari sensor-sensor lainnya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berakselerasi.

Sensitif bahan bakar

Ujung injektor berukuran mikro, sehingga sistem injeksi bahan bakar mudah terjadi penyumbatan karena bahan bakar yang kotor. Hal ini akan mempengaruhi kinerja kendaraan sehingga bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar sedikit.

Sensitif terhadap benturan/guncangan

Semua perangkat terutama engine control module ( ECM ) / ECU menggunakan elektronik, sehingga rentan mati apabila mengalami guncangan atau benturan keras. Pada saat terjadi hal tersebut, kendaraan berpeluang tidak bisa dihidupkan kembali, karena mengalami kerusakan pada engine control module. Biaya perbaikan membutuhkan biaya yang relatif masih mahal.

  • Kelebihan sistem injeksi EFI
-  Emisi gas buang rendah
-  Daya lebih besar
-  Lebih hemat bahan bakar
-  Tidak memerlukan cok (choke)
-  Perawatan yang lebih praktis

Mungkin dari setiap pabrikan otomotif sudah menyempurnakan dengan memperbaiki segala kekurangan yang pada sistem injeksi. bukan tidak mungkin karena yang namanya teknologi selalu berkembang dan dan selalu ada inovasi. Sekian tentang Kelebihan dan kekurangan Sistem injeksi EFI semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Sumber : Wikipedia.