Cara Memperbaiki / Mensiasati Mesin Diesel Susah Hidup

MOBIL MOGOK - Kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara memperbaiki dan mensiasati atau mengakali mesin diesel duduk susah hidup ketika mesin dingin. mesin diesel disini untuk mesin duduk seperti Yanmar, Kubote, Dongfang dan lainnya. banyak digunakan untuk mesin industri atau pabrik skala kecil. untuk menghidupkan mesin jenis ini tidak pakai starter, jadi jika susah hidup, maka anda akan kepeyahan kehabisan tenaga. nah apa penyebabnya, dan bagaimana cara memperbaikinya, juga bagaimana cara mensiasatinya untuk bisa hidup tanpa dengan segera, berikut ini selengkapnya.

Cara Memperbaiki / Mensiasati Mesin Diesel Susah Hidup


Yang pertama kita mulai dengan yang menyebabkan mesin diesel susah hidup ketika panas.

  1. Kompresi bocor, bisa akibat klep atau katup bocor, gasket atau paking silinder head bocor, atau ring piston atau boring yang sudah aus.
  2. Nozle ( pengebut bahan bakar ) rusak yang menyebabkan bahan bakar tidak mengabut sempurna.
  3. Pompa Solar atau injector rusak yang bisa akibatkan kurang tekanan atau malah tidak memompa solar. kalo point yang ini sih bisa jadi gak idup sama sekali.
  4. Masuk angin ( ada kebocoran yang mengakibatkan saluran bahan bakar kosong )
Cara Memperbaiki / Mensiasati Mesin Diesel Susah Hidup

Mesin diesel tidak pakai percikan api dari busi untuk pengepian, mesin disel untuk membakar bahan bakar yang sudah dikabut menggunakan udara panas hasil kompresi, makanya jika kompresi kecil ya susah hidup.

Nah dari beberapa point diatas, gejala pada point 3 dan 4 itu akan ditandai ketika memutar slenger mesin maka tidak akan terdengan bunyi semprotan solar di nozle, bunyi nya bunyi yang jika kita putar slenger akan ada bunyi "kek".

Jika tidak ada masalah dengan saluran bahan bakar, injector dan nozle yang ditandai dengan terdengar bunyi "kek" ketika di start maka lakukan Tips ini biar anda gak kepayahan menghidupkan mesin diesel yang suka ngadat susah hidup saat dingin.

Cara Mensisati / Mengakali Mesin Diesel Susah Hidup Saat Dingin

  • Buka penutup Saringan Udara ( Air Filter )
  • Masukan Oli Mesin atau Solar ke lubang manipold Udara (IN) yang tutupnya sudah dibuka tadi kira-kira 1-2 tutup botol oli mesin.
  • Coba putar slenger atau start mesin. 
  • Jika masih belum hidup, lakukan langkah tadi sekali lagi. dan dijamin hidup dah.
Lalu bagaimana cara untuk memperbaikinya supaya normal kembali, cara memperbaikinya ya anda harus buka dan lihat kerusakan, periksa kebocoran apakah piston ring aus atau boring aus, atau klep bocor. lalu cek juga nozle apakah mengabut sempurna atau tidak. namun jika malas, ya lakukan saja tips diatas, aman kok asal jangan kebanyakan aja.