Cara Kerja Karburator Vacum / Vakum
MOBIL MOGOK - Karburator adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar ( pengabut bahan bakar ) untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipatenkan pada tahun 1886 (Wikipedia). seiring dengan perkembangan teknologi otomotif, kini banyak yang tidak lagi menggunakan karburator untuk pengabut bahan bakar pada mesin. namun digantikan dengan teknologi injeksi ( EFI ). namun karburator hingga kini masih banyak digunakan. terutama pada sepeda motor. selain murah jika dibanding dengan teknologi EFI, juga lebih mudah untuk perawatan dan perbaikan.
Sepeda motor di Indonesia belakangan sebelum ramai menggunakan teknologi injeksi banyak menggunakan Karburator Vacum / Vakum (Constant Velocity atau Constan Vacuum). sebetulnya cara kerjanya sama seperti halnya karburator konvensional. namun yang membedakan adalah pada karburtor konvensional skep ditarik langsung oleh kabel gas, sedangkan untuk karburator vakum, throttle piston / skep terangkat karena ada tekanan negatif (Vakum) pada ruang vakum.
Cara Kerja Karburator Vakum / Vacum
throttle valve |
throttle piston / skep |
Dari situ kita bisa menyimpulkan tidak ada perbedaan pada cara kerjanya, hanya mekanisme saja yang sedikit berbeda. semoga Cara Kerja Karburator Vacum / Vakum yang saya tulis ini bermanfaat untuk anda.