Cara Inreyen / Menggunakan Sepeda Motor Baru Agar Awet

Mobil Mogok - Ketika kita membeli Sepeda Motor baru, satu hal yang yang harus diperhatikan adalah bacalah dengan seksama buku panduan pemilik. apakah anda tahu jika kendaraan baru baik mobil dan sepeda motor itu memerlukan perlakuan khusus ketika mobil dan sepeda motor tersebut masih terbilang baru yang sering banyak orang sebut "Inreyen". kendaraan baru memerlukan penyesuaian komponen baik itu mesin dan komponen lainnya di 500 km pertama. makanya untuk 500 km pertama ada aturan dalam penggunaanya.

Cara Inreyen / Menggunakan Sepeda Motor Baru Agar Awet


Banyak orang beli mobil dan motor baru langsung geber aja. sebetulnya sih memang dari banyak pengalaman gak bakal bikin rusak mesin namun akan membuat penyesuaian part dalam komponen mesin dan lainnya kurang baik dan akan menyebabkan keawetan kendaraan tersebut umur pakainya berkurang. nah apa yang harus dilakukan di 500 km pertama, berikut ini.

Cara Inreyen / Menggunakan Sepeda Motor Baru Agar Awet

  • Jalankan motor dengan halus memutar grip gas pelan – pelan saja atau diurut jangan langsung mendadak menariknya penuh.
  • Baca buku panduan pemilik, berapa kecepatan yang disarankan untuk 500 km pertama.
  • Jangan membawa beban terlalu berat di 500 km pertama.
  • Ganti oli ketika masuk di km 500. biasanya ada servis gratis dan oli gratis jika anda membeli motor baru. manfaatkanlah untuk memeriksa motor setelah dilakukan penyesuaian komponen di 500 km pertama.

Setelah 500 km apakah motor sudah boleh di geber ? jawabanya belum. motor sudah boleh dibawa jalan normal namun jangan dulu di gaspol atau geber abis. udah gak tahan ya pengen mentokin gas. sabar dulu bro, biar motornya nanti umurnya awet. sampai km 1000 hindari pemakaian dengan putaran mesin di atas 7500rpm. lebih jelasnya udah bisa dipakai secara normal namun jangan dulu mentokin gas sampai mesin meraung.
Setelah 1000 km, ganti oli kembali sambil servis dan tune up. dan setelah keluar bengkel bisa tuh motor di geber kalo udah gak sabar pengen nyoba top speed dan mentokin gas. hehehehe. 

Semoga Cara Inreyen / Menggunakan Sepeda Motor Baru Agar Awet bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.